25 Makanan Khas Sunda Dengan Rasa Yang Lezat

Avatar
TRAKTIR SEGELAS COFFEE => https://saweria.co/k21bos
Jangan lupa join channel telegram kami, untuk mendapatkan informasi terbaru. Klik disini => https://t.me/+ifi-diyDd4g5YTk9

<p style=”text-align: left;”>Hallo Sobat INFO-UT, Kuliner di Indonesia memang sangat beragam dan memiliki cita rasa yang khas. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang terus di pertahankan resep dan rasanya.

Seiring dengan perkembangan jaman, makanan khas tidak hilang begitu saja dan bisa dibilang tidak tergantikan. Meskipun saat ini sudah banyak makanan instan siap saji dan berbagai olahan makanan kekinian.

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas yang terkenal adalah kuliner Sunda. Saat anda berkunjung ke Jawa Barat, rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi kulinernya.

Kuliner paling terkenal dari sunda adalah nasi liwet. Meskipun sederhana, namun nasi liwet menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang enak serta cocok disajikan dengan ikan asin, sambal, dan lalapan.

Makanan Khas Sunda Dengan Rasa Yang Lezat

Makanan Khas Sunda Dengan Rasa Yang Lezat

Makanan khas sunda memang sangat beragam mulai dari nasi liwet, karedok, sampai dengan mie kocok yang terkenal. pada kesempatan kali ini akan membahas lebih banyak makanan khas sunda dengan cita rasa yang lezat. Berikut ini daftar makanan khas sunda yang wajib anda coba.

Makanan Khas Sunda

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Biasanya nasi liwet disajikan dengan berbagai macam olahan makanan seperti tempe, lalapan, sayur asem, ikan asin, ayam goreng dan lain sebagainya. Rasanya dari nasi liwet cenderung lebih gurih karena di masak bersamaan dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah daun salam, sereh, daun jeruk, lengkuas, cabai, garam dan lain-lain.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan tradisional masyarakat sunda. Nasi tutug adalah perpaduan antara nasi hangat yang di campur dengan oncom bakar, serta di sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya, sambal terasi, lalapan ikan goreng, irisan telur dadar.

Read More :  Apa Bentuk Upacara Penggalang : Jenis Upacara dan Tata Caranya

3. Karedok

Karedok

Jika mendengar makanan khas sunda karedok pasti langsung terbayang dengan sayuran dan kuah kacang yang berpadu menjadi satu. Karedok memang memiliki sedikit kemiripan dengan gado-gado betawi. namun tetap memiliki ciri khas rasa dan isiannya.

4. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Anda bisa dengan mudah menemukan nasi timbel di daerah Jawa Barat dan sekitarnya, makanan khas sunda meski terbilang sederhana, hanya nasi putih yang dibungkus dengan daun pisang serta di sajikan dengan lalapan, tempe goreng, ayam, dan sambal.

5. Bakakak Hayam

Bakakak Hayam

Bakakak hayam merupakan sajian makanan ayam utuh yang memiliki rasa gurih dan manis serta di sajikan dengan cara di bakar. Bakakak hayam biasanya disajikan dalam acara tertentu seperti pernikahan dan khitanan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, anda bisa menemukan bakakak hayam pada resto sunda.

6. Soto Bandung

Soto Bandung

Bandung menjadi salah satu kota yang ada di Jawa Barat, soto Bandung merupakan salah satu makanan khas sunda yang banyak dicari. Soto yang satu ini sepintas memang mirip seperti soto pada umumnya. Namun, terdapat perbedaan pada bumbu dan isian soto.

7. Lotek

Lotek

Lotek adalah makanan khas sunda yang hampir mirip tampilannya dengan karedok. Kedua makanan tersebut memiliki kesamaan dalam menggunakan bahan dan isian, seperti sayuran, bumbu kacang, dan kerupuk. Bedanya lotek di sajikan dengan sayur yang direbus.

8. Mie Kocok

Mie Kocok

Bagi anda yang sedang berlibur di Bandung dan berjalan-jalan disekitar kota. Anda bisa dengan mudah menemukan pedagang mie kocok, mie yang satu ini menggunakan mie pipih telur dengan kuah kaldunya yang khas serta di campur dengan kikil.

9. Soto Mie

Soto Mie

Soto mie adalah jenis makanan khas dari Sunda, soto mie disajikan dengan kuah kaldu yang kental serta rasa yang lezat. Isian yang ada di dalam soto mie yaitu tauge, kacang kedelai, tomat, tetelan dan berbagai macam tambahan agar rasa soto mie semakin nikmat.

10. Empal Gentong

Empal Gentong

Jika anda berkunjung ke kota Cirebon, tentu sudah tidak asing dengan banyaknya pedagang empal gentong. Makanan satu ini memang khas dari sunda. Dengan isian dagin dan tauge di dalamnya serta di makan bersamaan dengan lontong/nasi membuat anda ingin terus menyantapnya.

Read More :  20 Makanan Untuk Ibu Hamil yang Bagus Bagi Kesehatan Janin

11. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Hampir setiap daerah memiliki ciri khas sate masing-masing. Salah satu sate yang menjadi ciri khas sunda adalah Sate Maranggi. Sate yang satu ini menggunakan daging sapi atau ayam, sebelum di bakar daging sapi/ayam di rendam bumbu terlebih dahulu agar menciptakan rasa yang pekat.

12. Geco

Geco

Makanan khas sunda selanjutnya adalah geco atau singkatan dari tauge dan tauco. Makanan yang satu ini sangat terkenal di daerah Cianjur. Selain isiannya tauge dan tauco, Geco biasanya disajikan juga dengan campuran ketupat atau mie sagu.

13. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang

Sama seperti namanya, tahu Sumedang merupakan makanan khas dari sunda khususnya daerah Sumedang. Tahu ini memiliki banyak penggemar karena rasanya yang gurih dan tekstur di dalamnya cenderung lebih lembut. Ketika anda berkunjung ke Sumedang jangan lupa membeli tahu yang satu ini.

14. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahun gejrot mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan nama kuliner yang satu ini. Tahu gejrot merupakan makanan khas sunda yang cukup terkenal, tidak hanya di sunda saja, sekarang sudah banyak tahu gejrot yang di jual diluar daerah.

15. Bapatong

Bapatong

Bapatong Mungkin nama dari masakan ini terdengar unik ya, taukah anda bahwa singkatan dari Bapatong adalah Bakso Kupat Gentong. Anda wajib mencoba bapatong saat berkunjung ke Bogor karena bakso ini memiliki rasa yang segar dan gurih.

16. Peuyeum

16. Peuyeum

Jika anda pergi ke Jawa Barat pasti tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh peuyeum khas sunda. Banyak orang yang masih menganggap bahwa peuyeum sama dengan tape singkong, padahal kedua makanan tersebut memiliki ciri khas yang berbeda.

17. Dodol Garut

17. Dodol Garut

Dodol garut tidak hanya terkenal di kota Garut dan sekitarnya, namun sudah banyak orang yang mengetahui dan merasakan dodol garut yang enak. Anda bisa membeli dodol Garut untuk oleh-oleh atau membeli hanya untuk cemilan sendiri. Memiliki banyak farian rasa mulai dari original, coklat, stroberi dan lainnya.

Read More :  20 Makanan Penurun Kolesterol Secara Cepat dan Ampuh

18. Gemblong

18. Gemblong

Gemblong adalah ketan yang dibentuk oval kemudian di lumuri dengan gula. Rasa dari Gemblong manis serta gurih dari ketannya. Anda bisa menemukan gemblong di pasar-pasar. Tidak hanya menjadi makanan khas sunda, Betawi juga memiliki gemblong namun dengan nama yang berbeda.

19. Gerem Asem

19. Gerem Asem

Masyarakat kota Serang, Cilegon dan sekitarnya tentu sudah tidak asing ya dengan Gerem Asem, makanan yang memiliki kuah segar dari belimbing wuluh ini menyajikan cita rasa asam gurih yang bikin nagih. Isi Gerem asem ada yang menggunakan ayam, daging sapi, atau ikan gurame.

20. Batagor

20. Batagor

Taukah anda bahwa batagor menjadi salah satu kuliner yang berasal dari sunda. Rasanya yang ringan serta di padukan dengan bumbu kacang sangat menggoda. Saat ini, tidak hanya kota Jawa Barat saja yang menjual Batagor, kotak-kota lain anda bisa menemukan batagor.

21. Kupat Tahu

21. Kupat Tahu

Makanan selanjutnya adalah Kupat Tahu, sama seperti namanya, makanan ini berisi kupat, tahu, dan tauge serta di sajikan dengan kuah khusus lalu ditaburi bawang goreng. Tahu kupat hampir sama dengan tahu gimbal yang ada di Semarang, bedanya hanya pada isi dan bumbunya.

22. Empal Gepuk Daging Sapi

22. Empal Gepuk Daging Sapi

Empal gepuk daging sapi menjadi salah satu makanan yang terkenal di sunda. Biasanya restoran-restoran sunda menyediakan menu wajib yaitu empal gepuk daging sapi. Bentuk dari empal ini di potong tipis-tipis kemudian di pukul-pukul hingga gepeng dan diberikan bumbu khas.

23. Laksa Bogor

23. Laksa Bogor

Sedikit informasi tentang laksa yang sangat terkenal di kawasan Asia. Indonesia juga memiliki laksa yang terkenal yaitu Laksa Bogor. Laksa Bogor memiliki kuah kuning pekat serta berbagai macam campuran rempah-rempah pilihan untuk menambah kelezatannya.

24. Asinan Bogor

24. Asinan Bogor

Masih kuliner sunda dari Bogor selanjutnya adalah Asinan. Siapa yang tidak tau dengan asinan Bogor terkenal dengan kesegaran kuah serta isian buah melimpah. Asinan Bogor sangat cocok di makan siang hari saat cuaca sedang panas. Karena asinan Bogor memiliki kuah yang segar.

25. Cungkring

25. Cungkring

Cungking saat ini mungkin jarang ditemui. Cungking merupakan makanan yang ditusuk seperti sate, namun dengan bahan yang berbeda. Cungking adalah sate dari daging sapi dan kikil yang di beri bumbu khas dan biasanya disajikan nasi ketan, kelapa parut, dan oncom goreng.

Itulah daftar makanan khas sunda dengan cita rasa yang khas dan lezat. Ketika anda berkunjung ke Jawa Barat jangan lupa mencoba berbagai macam makanan khasnya. Selain jawa barat, Jogja juga memiliki makanan khas jogja yang tidak boleh terlewatkan saat berada di Jogja.

DISCLAIMER : !!!

Dapatkan informasi terbaru dan terupdate tentang universitas terbuka serta informasi lainnya info-ut.com melalui platform Google News.


Seluruh informasi yang tersaji di situs info-ut.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber informasi lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi info yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *