20 Pengertian Perindustrian Menurut Para Ahli di Seluruh Dunia

Avatar
TRAKTIR SEGELAS COFFEE => https://saweria.co/k21bos
Jangan lupa join channel telegram kami, untuk mendapatkan informasi terbaru. Klik disini => https://t.me/+ifi-diyDd4g5YTk9

<p style=”text-align: left;”>Hallo Sobat INFO-UT, Di Indonesia, khususnya kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor dan lain sebagainya terdapat banyak pabrik-pabrik industri yang memproduksi sebuah barang. Kegiatan industri biasanya mengolah bahan baku, bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang yang memiliki nilai jual.

Pastinya hampir semua orang tahu apa yang di olah industri atau perusahaan. Namun sebenarnya perindustrian itu apa sih ? pasti banyak orang yang tahu, namun hanya pada segi bentuk dan produksi, tanpa mengerti apa pengertian yang sebenarnya dari perindustrian atau industri.

Pada kesempatan sebelumnya telah membahas tentang macam macam teori belajar, namun di kesempatan kali ini  akan membahas mengenai pengertian perindustrian, baik industri rumahan seperti cara budidaya ikan patin maupun industri mesin seperti PT. tekstil.

Pengertian perindustrian sendiri sangat beragam. Pada dasarnya perindustrian dan industri itu memiliki pengertian yang tak berbeda jauh. Lantas apa pengertian dari perindustrian ? nah untuk lebih jelasnya simak ulasan dari  di bawah ini.

Pengertian Perindustrian Menurut Para Ahli

Pengertian Perindustrian Menurut Para Ahli

Perindustrian memiliki banyak definisi, sehingga muncul banyak pendapat dari berbagai ahli. Pendapat mereka, tentang arti perindustrian sendiri memiliki maksud yang sama, tetapi penyampaiannya yang berbeda. Adapun pengertian industri atau perindustrian menurut para ahli sebagai berikut.

Read More :  Jenis Suara Wanita dan Laki-laki Beserta Contohnya

Pengertian Perindustrian

Perindustrian adalah tatanan dan segala kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan produksi atau industry.

Pengertian Industri Menurut Para Ahli

Pengertian Industri Menurut Para Ahli

1. Undang Undang No.5 Tahun 1984

ialah bahan baku mentah, barang setengah jadi yang diolah menjadi barang yang lebih tinggi nilainya dalam penggunaanya dalam suatu kegiatan ekonomi.

2. Mohammad Hatta

Industri merupakan upaya dalam mengubah struktur pertanian ke dalam struktur perindustrian.

3. Ensiklopedia Indonesia

Industri merupakan sebagian dari proses produksi yang tak mengambil bahan-bahan tersebut dari alam untuk konsumsi, namun bahan-bahan tersebut di proses dan akhirnya menjadi komoditas yang berharga kepada masyarakat luas.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Industri yaitu proses kegiatan atau proses barang menggunakan saran dan peralatan, seperti mesin.

5. Badan Pusat Statistik

Industri adalah kesatuan unit usaha yang menjalankan kegiatan ekonomi yang bertujuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang berdomisili di tempat tertentu dan memiliki catatan administrasi.

6. Kartasapoetra

Industri adalah kegiatan ekonomi untuk mengolah bahan baku atau barang setengah jadi menjadi barang yang memiliki kualitas atau nilai lebih tinggi.

Read More :  Ciri Ciri Madu Asli atau Palsu : Cara Mudah Membedakannya

7. I Made Sandi

Industri adalah suatu usaha agar menghasilkan barang jadi untuk bahan baku melalui proses produksi budidaya dalam jumlah besar sehingga produk dapat diperoleh dengan harga serendah mungkin namun tetap memiliki kualitas tinggi.

8. Hisna Sahaan

Industri Adalah bagian dari proses pengolahan bahan baku atau bahan mentah menjadi barang jadi yang berharga untuk masyarakat.

9. Ensiklopedia Amerika

Industri merupakan suatu kegiatan kelompok yang membutuhkan benda ekonomi dan pengguna.

10. George T. Renner

Industri adalah segala kegiatan manusia dalam ekonomi produktif atau memproduksi barang dan uang.

11. Sudut Pandang Geografi

Industri adalah perpaduan dari subsistem fisik dan subsistem manusia.

12. Tim Grasindo

Industri adalah semua kegiatan pekejaan yang menghasilkan uang.

13. Sukimo

Industri adalah perusahaan yang melakukan semua kegiatan ekonomi yang termasuk dalam sektor sekunder.

14. Dra. Sri Milaningsih

Indusrti berasal dai Bahasa latin yang berarti tenaga kera atau tenaga kerja perindustrian.

15. Dini Natalia

Industri merupakan pengolahan bahan baku menjadi barang yang menguntungkan.

Read More :  Apa Bentuk Upacara Penggalang : Jenis Upacara dan Tata Caranya

16. Anto Pracoyo

Industri yakni kumpulan beberapa perusahaan yang memproduksi barang atau jasa di pasar.

17. Wirastuti

Industry yaitu pengolahan bahan baku atau barang setengah jadi menjadi barang yang menguntungkan.

18. Teguh S. Pambudi

IndustrI ialah sebuah kelompok perusahaan yang menghasilkan produk untuk dipertukarkan dengan perusahaan satu sama lain.

19. Badan Perencanaan Pembangunan Sumut

Industri yaitu kegiatan untuk mengubah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi untuk tujuan penjualan atau diperjualbelikan.

20. Hasibuan

Industri ialah kegiatan ekonomi yang akan menciptakan nilai tambah.

Demikian informasi yang dapat sampaikan mengenai pengertian perindustrian atau industri. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Mohon maaf apabila ada kesalah penulisan atau kesalahan informasi. Sekian dan terima kasih.

DISCLAIMER : !!!

Dapatkan informasi terbaru dan terupdate tentang universitas terbuka serta informasi lainnya info-ut.com melalui platform Google News.


Seluruh informasi yang tersaji di situs info-ut.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber informasi lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi info yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *