Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Avatar
TRAKTIR SEGELAS COFFEE => https://saweria.co/k21bos
Jangan lupa join channel telegram kami, untuk mendapatkan informasi terbaru. Klik disini => https://t.me/+ifi-diyDd4g5YTk9

<p style=”text-align: left;”>Hallo Sobat INFO-UT, Penggalang adalah sebuah tingkatan atau peringkat dalam pramuka setelah siaga. Tingkatan dalam penggalang juga memiliki SKU atau syarat-syarat kecakapan umum dan SKK atau syarat-syarat kecakapan khusus yang wajib dipenuhi oleh setiap penggalang untuk mendapatkan kenaikan tingkat atau tanda kecakapan umum dan tanda kecakapan khusus.

Berdasarkan pencapaiannya, SKU dalam pramuka penggalang digolongkan menjadi beberapa tingkatan seperti Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap dan Penggalang Garuda. Setiap regu terdiri dari 8 anggota penggalang, dimana setiap regu di pimpin oleh pemimpin regu (PINRU) yang bertanggung jawab memimpin regunya.

Untuk menjadi penggalang pramuka ada batas usia yang ditetapkan. Hal ini dikarenakan sebuah tingkatan dalam pramuka yang ditentukan oleh umur anggotanya disebut kelompok umur. Kelompok umur setiap tingkatan pramuka juga berbeda-beda. Lantas berapa usia untuk anggota penggalan pramuka sesuai kelompok umur ?

Nah jika sebelumnya  telah membahas mengenai ciri ciri zaman paleozoikum, maka di kesempatan kali ini  akan membahas mengenai usia untuk anggota penggalang sesuai dengan kelompok umur. Jadi buat yang masih penasaran, maka wajib menyimak ulasan berikut ini hingga akhir agar tidak ada yang terlewatkan.

Read More :  5 Macam Usaha Perdagangan Yang Paling Laku di Pasaran

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang Pramuka Sesuai Kelompok Umur

Pengelompokan usia dalam pramuka di tentukan berdasarkan tingkatan kepramukaan. Tingkatan pramuka sendiri digolongkan kedalam beberapa jenis mulai dari Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan Pembina. Semakin tinggi tingkatan, maka usianya semakin tua. Nah untuk usia anggota penggalang sendiri, akan  sajikan di bawah ini.

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang

Berapa Usia Untuk Anggota Penggalang

Kelompok umur dalam pramuka di bagi menjadi 4 kelompok yaitu :

  • Kelompok Umur Siaga Usia 7-10 Tahun
  • Kelompok Umur Penggalang Usia 11-15 Tahun
  • Kelompok Umur Penegak Usia 16-20 Tahun
  • Kelompok Umur Pandega 21-25 Tahun

KESIMPULAN : Jadi usia untuk penggalang yaitu 11 tahun sampai 15 tahun. Usia tersebut telah di tentukan kedalam kelompok umur.

Penyebutan pramuka penggalang dikarenakan adanya kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonensia menggalang dan mempersatukan kekuatan untuk mencapai kemerdekaan. Itulah usia untuk anggota penggalang sesuai kelompok umur. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda semuanya, apabila ada kesalahan kata atau informasi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian dan terima kasih.

Read More :  Ciri Ciri Zaman Mesozoikum : Era Trias, Era Jurasik dan Era Kapur

DISCLAIMER : !!!

Dapatkan informasi terbaru dan terupdate tentang universitas terbuka serta informasi lainnya info-ut.com melalui platform Google News.


Seluruh informasi yang tersaji di situs info-ut.com merupakan berita yang diambil dari data di lapangan dan berbagai sumber informasi lain yang tersebar di berbagai media, baik online maupun offline. Kami telah melakukan pengemasan ulang guna menghindari adanya pelanggaran hak cipta.

Namun, jika dalam informasi yang kami tayangkan terdapat hal yang melanggar hak cipta Anda, silakan informasikan kepada kami melalui halaman hubungi kami yang sudah disediakan. Kami akan mengambil langkah cepat dan mengambil tindakan langsung dengan cara menghapus konten yang melanggar hak cipta tersebut.


Hati-hati segala informasi info yang tersaji pada website kami, segala jenis penipuan atau pelanggaran bukan tanggungjawab kami sepenuhnya dan kami sarankan untuk selalu waspada serta cek-ricek kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *